Minggu, 12 Februari 2017

ini dia 8 fakta sehat buah durian

(tanaman durian)
Buah yang satu ini terbilang cukup kontroversial. Jika kamu pecinta buah ini, maka kamu akan dengan mudah terlena dalam kelezatannya. Tetapi, bagi kamu yang tak suka dengan durian, hanya dengan aromanya saja biasa membuat kamu muak.
Terlepas dari itu, buah durian menyimpan banyak manfaat sehat bagi tubuh. Karena buah ini cukup populer, banyak asumsi yang berkeliaran tentangnya, terutama yang terkait dengan kesehatan.
Nah, agar kamu tak salah kaprah tentang manfaat sehat buah durian, berikut ini merupakan 8 fakta tentang durian, seperti yang dilansir melalui healthxchange.
1. Kaya akan nutrisi
Ini adalah kabar gembira bagi kamu pecinta buah unik ini. Durian diperkaya dengan kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Buah yang juga dikenal dengan istilah raja buah ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah.
Tak hanya itu, buah ini juga baik untuk melancarkan buang air besar dan kesehatan kulit. Tak hanya itu, durian juga mendukung sistem saraf, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan pembentukan pembentukan sel darah merah.
2. Menyebabkan tubuh gemuk
Ini adalah salah satu fakta pahit yang harus kamu terima mengenai durian. Setiap satu kilogram buah durian mengandung sekitar 1.350 kalori. Mengonsumsi satu kilo buah durian berarti kamu telah memenuhi sekitar 68 persen kebutuhan harian kalori (2000 kalori) yang direkomendasikan bagi orang dewasa. Satu biji besar durian bisa mengandung sekitar 54 kalori.
3. Durian tak baik bagi penderita diabetes
Bisa dibilang buah durian tak sesuai bagi kamu yang mengidap diabetes. Pasalnya, buah yang menggiurkan ini mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Buah durian mengandung gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa.
4. Energi instan
Durian mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga buah ini bisa diandalkan untuk mengisi energi rendah yang lebih cepat (pada orang sehat). Sedangkan kandungan kalium dalam durian juga membantu mengurangi kelelahan sekaligus mengusir stres dan kecemasan.
5. Non-kolesterol
Banyak yang mengira bahwa durian adalah buah yang mengandung kolesterol. Faktanya, buah ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung. Selain itu, durian juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
6. Kombinasi manggis dan durian
Sebuah mitos mengatakan bahwa manggis dapat menjadi buah pendingin yang mengurangi efek panas yang ditimbulkan setelah mengonsumsi durian. Hanya saja, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran hal tersebut.
7. Kombinasi mematikan durian dan alkohol
Sekali lagi harus dikatakan bahwa belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa durian dan alkohol adalah kombinasi makanan yang mematikan. Mengonsumsi keduanya bersamaan mungkin saja menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan dan rasa tak nyaman pada organ hati.
Ini karena hati harus bekerja lebih keras untuk memetabolisme lemak dan gula yang tinggi dalam durian dan alkohol. terutama jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.
8. Meningkatkan libido
Faktanya sedikit mengecewakan. Buah durian bisa membuat tubuh menjadi panas, tetapi tidak pada buah afrodisiak. Jadi, buah durian tidak membuat libido kamu atau pasangan meningkat.
Durian adalah buah yang kaya akan nutrisi jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Buah ini akan memanjakan tubuh dengan mineral, vitamin dan lemak sehat. Kamu cukup mengonsumsi 2-3 biji durian dalam sekali duduk. Sayangnya, banyak sekali orang yang terlena dan sulit untuk mengontrol jumlah buah durian yang dikonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar