Minggu, 19 Februari 2017

INI DIA Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil Dan Janin

INI DIA Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Kesehatan ibu hamil harus benar-benar di jaga, agar sang janin yang di dalam kandungan juga terjaga kesehatannya. Ibu hamil mempunyai kebutuhan nutrisi lebih dari pada wanita biasa. Ini dikarenakan nutrisi tersebut untuk dua tubuh (ibu hamil dan janin). Ibu hamil diwajibkan untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah. Ini dikarenakan di dalam sayur dan buah tersebut terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat penting oleh tubuh. Sayuran hijau terutama wajib di konsumsi oleh ibu hamil. Untuk buah, terdapat banyak buah yang baik untuk ibu hamil, namun juga terdapat buah yang tidak baik untuk ibu hamil. Salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah naga. Untuk itu sangatlah penting untuk mengetahui Manfaat buah naga bagi ibu hamil.
Buah naga merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan. Di Asia itu sendiri, buah naga biasanya digunakan dalam acara-acara keagamaan. Buah tersebut di namakan buah naga karena mempunyai kulit yang menyerupai sisik naga, dan juga warnanya yang merah menyala. Berikut Manfaat buah naga bagi ibu hamil yang bisa anda dapatkan :

1. Membantu pembentukan sel darah merah 

Manfaat buah naga bagi ibu hamil yang pertama adalah mampu membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah. Di dalam buah naga mengandung zat besi sebanyak 0.55 di setiap 100 gram buah naga. Zat besi tersebut sangat berguna untuk tubuh dalam membentuk sel darah merah, sehingga sang ibu hamil tidak akan kekurangan darah atau anemia.
Penyakit anemia tersebut sangat sering terjadi pada ibu hamil. Dengan banyaknya sel darah merah akan membuat sang janin yang berada di dalam kandungan mempunyai pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Sehingga buah naga ini sangat baik jika dikonsumsi dengan teratur.

2. Meningkatkan energi 

Ibu hamil memerlukan energi yang cukup agar kuat menghadapi aktivitas sehari-hari. Dengan adanya kandungan karbohidrat di dalam buah naga, maka akan memberikan energi bagi ibu hamil.

3. Memenuhi kebutuhan karbohidrat 

Dalam sehari ibu hamil memerlukan karbohidrat sebanyak 135 gram. Sedangkan dalam buah naga ditemukan 9 hingga 14 gram karbohidrat di dalam 100 gram buah naga. Dalam hal ini, manfaat buah naga bagi ibu hamil adalah memenuhi asupan karbohidrat bagi sang ibu hamil.

4. Menghindari bayi cacat 

Ibu hamil sangatlah perlu membentuk sel darah yang cukup untuk tubuh. Untuk membentuk sel darah merah, bukan hanya menggunakan zat besi, namun juga memerlukan folat. Wanita hamil yang kekurangan folat ini akan mendapati bayinya terkena cacat tabung sarat.

5. Menjaga fungsi usus 

Manfaat buah naga bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu usus untuk berfungsi dengan baik. Banyaknya kandungan serat di dalam buah naga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Seperti mengatasi sembelit dan juga diare. Karena biasanya ibu hamil akan rentan terkena sembelit dan juga diare. Terdapat 0.3 hingga 0.9 gram serat di dalam 100 gram buah naga. Dan ibu hamil per harinya memerlukan asupan serat sebanyak 28 gram.

6. Memenuhi asupan nutrisi 

Manfaat buah naga bagi ibu hamil dapat anda lihat dari banyaknya nutrisi yang terdapat di dalam buah naga. Nutrisi tersebut antara lain adalah fitokimia, kalium, vitamin c, protein dan juga nutrisi lainnya. Banyaknya kandungan nutrisi tersebut sangat baik karena mampu memenuhi asupan nutrisi ibu hamil, agar nantinya janin di dalam kandungan menjadi sehat.
Semoga informasi manfaat buah naga bagi ibu hamil di atas bisa bermanfaat.
sumber: salambunda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar