Kamis, 23 Februari 2017

Cek! Ini Nih Penyebab Utama Tabulampot Sukar Berbuah

Cek! Ini Nih Penyebab Utama Tabulampot Sukar Berbuah


Memelihara tabulampot memang tidak semudah yang dibayangkan. Dengan wadah yang terbatas, tabulampot justru perlu mendapatkan perhatian khusus agar dapat tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah.

Pengetahuan bagaimana cara untuk membuahkan tabulampot dengan cepat dan tepat tentu menjadi kunci utama. Umumnya, proses pembuahan pada tabulampot tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu sang pemilik. Namun, kondisinya akan berbeda jika tabulampot yang ditanam hanya berupa tanaman tegak yang tidak kunjung berbuah.
Tabulampot yang sukar berbuah kadang kala disebabkan oleh pemilik yang kurang teliti dan kurang paham tentang teknik pemeliharaan yang benar. Di lapangan, ada banyak penyebab tanaman tabulampot sukar berbuah. Mulai dari bibit yang bermutu rendah, kurangnya unsur hara bagi tanaman, hingga tanaman yang sakit.

Lalu apa saja sih hal-hal yang menyebabkan tabulampot sukar untuk berbuah? Berikut penjelasannya.
Bibit berasal dari biji. Tambulapot yang berasal dari bibit hasil perkembanganbiakan generatif atau biji memang membutuhkan waktu yang lama untuk berbuah. Lain halnya dengan bibit yang berasal dari perkembangbiakan vegetatif, seperti, stek, cangkok, sambung, dan okulasi. Tanaman yang berasal dari bibit vegetatif relatif lebih cepat menghasilkan buah.
Faktor genetik dan umur tanaman. Untuk dapat menghasilkan buah, setiap tanaman memiliki waktu yang berbeda-beda. Dipengaruhi oleh genetik pada tanaman tersebut. Berdasarkan kemampuannya menghasilkan buah, tabulampot yang berasal dari bibit vegetatif dapat dikelompokkan menjadi tabulampot yang mudah, sedang, dan sukar berbuah. Varietas yang berbeda pada jenis tanaman yang sama memiliki kemampuan berbeda, beberapa dari varietas unggul yang baru dilepas umumnya dapat berbuah dengan mudah dan cepat.

Sumber:jitunews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar